Friday 15 April 2016

Pengaruh Globalisasi Terhadap Bangsa dan Negara Indonesia


Selamat malam good people. Kali ini saya akan berbagi tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara indonesia. Kita tau bahwa sekarang ini, kita telah dipengaruhi oleh Globalisasi, untuk itu kita perlu mengetahui pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara kita sendiri.
Oke langsung saja saya menunjukkan tulisan mengenai pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara indonesia. Semoga bermanfaat. :)   

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP BANGSA DAN NEGARA INDONESIA


A. Pengertian Globalisasi
     Globalisasi adalah proses menyatunya dunia kedalam satu kesatuan sistem yang sama. Globalisasi lahir dari adanya ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya komunikasi dan transportasi. Akibat perkembangan tersebut, informasi menjadi demikian cepat menyebar ke berbagai pelosok bumi. Kejadian di tempat yang jauh hanya dengan beberapa jam, bahkan detik informasinya menyebar dengan cepat.

B. Pengaruh Globalisasi
     Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitupengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain-lain akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme terhadap bangsa.

Pengaruh Positif Globalisme Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme

1. Pengaruh dari Aspek Politik
     Pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan dijalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat.

2. Pengaruh dari Aspek Ekonomi
     Terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan menigkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa. Juga masyarakat mengenal kemajuan teknologi, serta pusat perbelanjaan yang modern mempermudah masyarakat untuk memperoleh barang yang dibutuhkan.

3. Pengaruh dari Aspek Sosial Budaya
     Kita dapat  meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan IPTEK dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasioalisme kita terhadap bangsa.

4. Pengaruh dari Aspek Teknologi dan Komunikasi
     Adanya kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi menjadikan hidup manusia menjadi lebih mudah. Orang yang ketika dahulu hendak pergi ke suatu tempat yang jauh membutuhkan waktu lama, sekarang dengan waktu yang singkat kita bisa pergi keluar negeri.


Pengaruh Negatif Globalisme Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme

1. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan beruba arah dari Ideologi Pancasila ke Ideologi Liberalisme. Jika hal tersebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang.

2. Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut, dll) membanjir di Indonesia.

3. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.

4. Masyarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karea gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.

5.  Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan yang miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antar yang kaya dan miskin yang dapat menggangu kehidupan nasional bangsa.

6. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antar perilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.

7. Terjadinya kesenjangan ekonomi sebagai akibat kesalahan berkompetisi dalam penguasaan teknologi.

8. Negara-negara yang kuat ekonominya akan bersekongkol dalam rangka mencari keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini seringkali merugikan negara-negara miskin yang ketahanan ekonominya lemah.

9. Timbulnya Fanatisme, etnis, dan agama sebagai upaya untuk menunjukkan ketidakhadirannya melalui berbagai forum dan organisme.

10. Makin menurunnya sumber daya alam yang vital seperti air, hutan, dan terjadinya pencemaran global.

11. Keguncangan budaya, yaitu guncangan jiwa seseorang sebagai akibat belum adanya kesiapan menerima kebudayaan asing yang datang secara tiba-tiba.





3. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Bagi Indonesia.

a. Dampak Positif, antara lain :

·         Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, dengan catatan produk ekspor Indonesia mampu bersaing di pasar Internasional. Hal ini , membuka kesempatan bagi pengusaha di Indonesia untuk menghasilkan produk-produk berkualitas, kreatif dan dibutuhkan oleh pasar dunia.
·         Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akn membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia.
·         Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia.
·         Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata, sehingga membuka lapangan kerja di bidang pariwisata sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia.
·         Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
·         Mudah melakukan komunikasi
·         Cepat dalam bepergian ( mobilitas tinggi ).
·         Menumbuhkan sikap kosmo-politan dan toleran.
·         Memacu untuk meningkatkan kualitas diri.
·         Mudah memenuhi kebutuhan.

b. Dampak Negatif, antara lain :

·         Informasi yang tidak tersaring.
·         Perilaku konsumtif.
·         Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit.
·         Pemborosan pengeluaran yang terutama pemborosan di bidang materi dan meniru perilaku yang buruk.
·         Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat.
















KESIMPULAN

     Agar kita tidak tenggelam dalam aspek negatif globalisasi yang berkembang saat ini, perlu diciptakan sebuah cara baru atau kebudayaan yang sifatnya lebih berupaya untuk meningkatkan visi terhadap pemerataan sosial. Suatu pola yang membuat orang-orang dapat menemukan cara-cara baru agar manusia dapat hidup dalam lingkungan yang semakin padat dengan damai, kreatif dan berbahagia.
     Hal yang sangat pentig adalah diperlukannya kreatifitas dan kepercayaan pada diri sendiri yang tertanam dalam suatu rasa identitas nasional dan dalam kebanggaan serta harga diri yang melekat padanya, sehingga kita dapat menyatakan diri sebagai suatu bangsa yang memiliki jati diri.

SARAN

     Kita hidup di zaman globalisasi hendaknya pintar beradaptasi dengan arus globalisasi yang sedang melanda dunia. Jangan sampai kita tertinggal masalah teknologi dan lain-lain yang berhubungan dengan globalisasi agar kita tidak tertelan oleh zaman.


Oke good people, sekianlah tulisan saya. Silahkan dishare dan tinggalkan Like maupun Komen.. Hehehe :D
Salam dari saya, Heri Wiranto Samosir. HORASSS!!!!!

No comments:

Post a Comment