Saturday 9 April 2016

Contoh Pidato dengan tema Pendidikan Berkarakter



Oke good people, kali ini saya akan membagikan sebuah contoh pidato tentang pendidikan berkarater. Manatau ada teman-teman yang punya tugas untuk membuat pidato dengan tema yang sama, bisa mengambil referensi dari tulisan saya kali ini. Langsung saja! 
Contoh pidato dengan tema tentang pendidikan berkarakter.

PENINGKATAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DIKALANGAN SMA

              Kepada ibu bapak guru yang saya hormati, dan rekan-rekan sekalian yang saya banggakan. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Marilah kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmatNya. Rahmat yang luar biasa kita syukuri yaitu rahmat iman dan rahmat kekuatan.
              Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan isi pidato saya yang berjudul Peningkatan Pendidikan Berkarakter Dikalangan SMA. Memang benar, dikalangan SMA sekarang ini Pendidikan Berkarakter semakin buruk, siswa yang semakin brutal dan tidak lagi mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut. Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi, ada siswa yang berani melawan Guru. Bukan hanya melakukan perlawanan mulut tetapi ada juga yang melakukan perlawanan fisik. Siapa yang salah?
              Rekan-rekan sekalian, kita dapat melatarbelakanginya dari keluarga. Keluarga merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk menghadapi dunia diluar. Dari keluargalah awal kita untuk bersosialisai di kehidupan sekolah maupun masyarakat. Jadi semuanya berasal dari perilaku keluarga tersebut. Menurut survei yang saya lakukan, didapatkan bahwa 85% siswa yang bermasalah disekolah disebabkan pengaruh dari keluarga dari siswa tersebut yang tidak harmonis atau bisa disebut keluarga yang Broken Home.
              Jika kita berbicara keluarga, pasti yang terutama adalah Orangtua. Orangtua sangat berperan penting dalam mendidik anaknya menjadi siswa yang berkarakter di lingkungan sekolah. Banyak orang yang mengatakan bahwa pendidikan awal itu berasal dari keluarga khususnya dari orangtua. Jadi, orangtua harus dapat mendidik anaknya sedini mungkin agar menjadikan anaknya sebagai orang yang membawa dampak positif dalam kehidupan sekolah maupun di masyarakat.
              Pendidikan berkarakter itu juga dapat ditingkatkan dari mutu pengajar dan mutu pendidikan itu sendiri. Berikut saya persingkat dengan beberapa hal yang dapat meningkatkan pendidikan berkarakter tersebut:
1.      Keluarga atau Orangtua
Seperti yang telah kita bahas tadi, keluarga merupakan aspek penting dalam pembimbingan anak menjadi siswa yang mempunyai pendidikan berkarakter. Keluarga yang harmonis akan menjadikan seorang anak lebih baik.

2.      Kualitas dari pengajar/guru
Guru merupakan orangtua siswa di lingkungan sekolah. Untuk itu guru juga ambil
bagian dalam mendidik anak-anaknya kearah pendidikan yang lebih berkarakter lagi. Mengajak siswa untuk lebih akrab dengan guru juga salah satu hal yang baik untuk meningkatkan pendidikan berkarakter, ketika guru dan siswanya akrab maka guru dapat dengan mudah mengajarkan hal-hal yang bermutu dalam bidang pendidikan kepada siswanya. Namun akrab dalam artian bukan teman sebaya, tapi akrab dalam artian tidak menjadikan guru sebagai hal yang harus dihindari. Namun tetap harus menjaga kesopanan dan kehormatan kepada guru.

3.      Kesadaran siswa itu sendiri.
Hal ini juga merupakan aspek penting dalam peningkatan pendidikan berkarakter, karena akan semakin baik jika siswa tersebut yang sadar untuk berbuat hal yang bermutu dalam pendidikan di sekolah.

            Baiklah rekan-rekan sekalian, marilah kita bersama-sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, karena selain berguna untuk diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat, itu juga berguna untuk memajukan pendidikan di Indonesia.
           
            Sekianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jika ada kesalahan maupun kata-kata yang tidak berkenan, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.
            Akhir kata saya ucapkan, Terimakasih.

No comments:

Post a Comment